Jembatan Tallo II dapat Melayani Arus Mudik Kota Makassar dan Sekitarnya

Jembatan Tallo II dapat Melayani Arus Mudik Kota Makassar dan Sekitarnya

08 Sep 2016
Author: Administrator

Makassar, 1 Juli 2016. Untuk menampung kepadatan kendaraan pada arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Jembatan Tallo II telah dapat digunakan mulai tanggal 1 Juli 2016 dini hari.
Jembatan Tallo II, yang berdampingan dengan Jembatan Tallo I dan terletak antara arah Pelabuhan/Pettarani dan Bandara, diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi dari kedua arah tersebut akibat adanya jalan yang menyempit (bottle neck).
Sebelumnya, PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) mengoperasikan satu jembatan yaitu Jembatan Tallo I yang melayani pergerakan dua arah. Setiap harinya Jembatan Tallo I menampung 31.000 kendaraan per hari. JTSE merupakan jalan strategis yang menghubungkan Bandar Udara Sultan Hassanuddin dengan berbagai tujuan utama, seperti pusat kota Makassar, Jembatan Tallo, dan simpang Mandai Makassar. JTSE melayani 42.423 kendaraan per hari pada tahun 2015 lalu.
Anwar Toha, Direktur Utama JTSE, mengharapkan bahwa Jembatan Tallo II ini akan memperlancar mobilitas masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya pada Hari Raya Idul Fitri ini, terutama dari arah Pelabuhan/Pettarani ke Bandara dan sebaliknya. Jembatan Tallo I dan Jembatan Tallo II masing-masing akan melayani pergerakan satu arah saja, Jembatan Tallo I menampung lalu lintas dari arah Bandara ke Pelabuhan/Pettarani, sedangkan Jembatan Tallo II dari arah Pelabuhan/Pettarani ke Bandara.
Jembatan Tallo II akan terus beroperasi bersamaan dengan berjalannya beberapa penyempurnaan dan kemungkinan akan ditutup sementara ketika dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan diselenggarakan sekitar minggu kedua atau ketiga bulan Juli 2016.
Jembatan Tallo II, dengan panjang kurang lebih 200m dan lebar kurang lebih 18m, telah dimulai proses konstruksinya pada bulan Juli 2015. Jembatan Tallo II direncanakan akan beroperasi secara resmi pada akhir Juli 2016.